Selasa, 14 Juni 2011

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab


Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab

Beliau adalah al imam Asy Syaikh Muhammad Bin Abdul wahhab Bin sulaiman bin ali bin Muhammad bin rasyid bin buraid bin Muhammad musyrif bin Sumar salah seorang keturunan Bani Tamim yang dermawan. Beliau dilahirkan di negeri al unaiyah pada tahun 1115 H dalam kediaman yang penuh dalam ilmu, kemulyaan dan agama. Ayah beliau adalah seorang alim besar, sedangkan kakeknya adalah alim negeri najed pada zamannya.
Beliau telah hafal alquran sebelum umur sepuluh tahun, lalu mempelajari ilmu fikih sampai mendalam. Orang tuanya sangat kagum kepada beliau karena kekuatan hafalan beliau. Beliau banyak membaca kitab-kitab tafsir dan hadits dan selalu terlihat menuntut ilmu baik siang atau malam hari. Menghafal matan -matan berbagai disiplin ilmu. Beliau pergi mencari ilmu di berbagai wilayah nejed dan makkah serta berguru kepada para ulamanya. Diantara mereka adalah al allamah Ahlul Sunnah syaikh abdullah bin ibrahim As syammiri. Beliau juga berguru kepada putra syaikh abdullah bin ibrahim yang terkenal sebagai ahli ilmu faraidh yaitu ibrahim ay syammiri, pengarang kitab al adhbul faidh fi syarhi alfiyatil faraidh. Kedua syaikh tersebut lalu memperkenalkannya kepada seorang ahli hadits terkemuka yaitu Muhammad Hayat As sindy. Beliau kemudian berguru kepadanya dalam hal hadits dan rijalnya(periwayat hadits). Lalu beliau memberi ijazah (rekomendasi) dalam kitab-kitab induk hadits.
Syaikh muhammad bin abdul wahhab dikaruniai pemahaman yang tajam dan kecerdasan yang luar biasa. Beliau tekun membca, meneliti dan mengarang, selalu meneliti hal-hal yang penting dari buku yang dibaca dan penelitian yang dilakukan, serta tidak pernah bosan menulis. Beliau banyak memberikan catatan dalam banyak buku karya ibnu taimiyah dan ibnu qoyyim rahimahumAllah. Beberapa tulisan tangan yang beliau tulis dengan penanya yang lancar hingga kini masih banyak tersimpan di museum.
Sepeninggal ayahandanya, beliau secara terang-terangan berdakwah kepada tauhid, mengingkari kemungkaran dan menyerang para penyembah kubur. Dakwah beliau didukung oleh para penguasa dari keluarga su'ud sehingga menjadi kuat dan cepat tersebar beritanya.
Beliau memiliki banyak karya yang bermanfaat diantaranya
  • Kitab yang agung dan amat berfaedah "kitab tauhid". Kitab ini telah dicetak oleh beberapa percetakan, setiap kali cetakannya habis ia langsung dicetak ulang kembali.
  • Kitab Kasyfusy Syubuhaat
  • Al Kabair
  • Mukhtasharul Inshaaf
  • Asy syarhul Kabiir
  • Mukhtashar Zaadul Maad
  • dan lain-lain
Beliau juga memiliki fatwa-fatwa dan berbagai makalah yang dihimpun dalam sebuah kitab yang diberi judul majmu'atu mu'allaatil imam Muhammad bin abin abdul wahhab, diterbitkan oleh universitas Islam imam muhammad binsaud. Beliau meninggal pada tahun 1206 H. Mudah-mudahan Allah memberi beliau rahmat yang seluas-lusanya serta mendapat balasan yang sebaik-baiknya atas jasanya kepada Islam dan umat Islam.

0 komentar:

Posting Komentar

ARSIP

Disini Kode HTML Content Widget YANG INGIN SOBAT TAMPILKAN PADA TAB 3

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites